Senin, Maret 24, 2008

Teladan dari Isteri Nabi

Judul buku: Istri-istri Para Nabi
Penulis: Dr Mushthafa Murad
Penerjemah: Muhtadi Kadi & Nurhadi (at-Tanwir)
Penerbit: Senayan Abadi
Cetakan: I, Februari 2006

Tiada yang lebih berharga bagi seorang laki-laki kecuali mempunyai istri yang salehah. Istri yang demikian, akan menjadi mitra sejatinya dalam membina keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah (keluarga yang penuh dengan ketenangan, cinta dan kasih sayang).

Untuk menjadi istri dambaan, setiap Muslimah sudah sepatutnya mengambil teladan dari istri para Nabi Allah. Terhadap istri-istri yang shalehah, wanita Muslimah dapat mengambil contoh kebaikannya. Sedangkan terhadap istri-istri yang durhaka, wanita Muslimah dapat mengambil i'tibar untuk menjauhkannya.

Buku yang ditulis oleh Mushthafa Murad, Guru Besar Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir ini mengisahkan istri-istri nabi, sejak zaman Nabi Adam hingga Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya termasuk Hawa (istri Nabi Adam), Walighah (istri Nabi Nuh), Sarah dan Siti Hajar (istri Nabi Ibrahim), istri-istri Nabi Ismail, Walighah (istri Nabi Luth), istri-istri Nabi Daud, hingga istri-istri Rasulullah SAW, seperti Siti Khadijah, Siti Aisyah, Siti Saudah, Safiah binti Huyyi, Zainah binti Jahsy, sampai Ummu Habibah dan Mariah al-Qitbiyah. Di dalamnya diuraikan bagaimanakah seharusnya sikap seorang istri terhadap suaminya, mertuanya, maupun masyarakat.

Satu contoh yang dikemukakan, adalah ketika suatu hari Nabi Ibrahim AS berkunjung ke rumah Ismail AS. Saat itu Ismail sedang berusaha di luar kota. Sang istri itu berkeluh kesah dan menjelekkan suaminya. Maka Nabi Ibrahim pun titip pesan buat Ismail agar mengganti palang pintu rumahnya. Ketika Ismail kembali dari berdagang, ia mendengarkan wasiat tersebut. Ia pun kemudian menceraikan istrinya, karena oleh orangtuanya dinilai akhlaknya kurang baik.

Penulis berharap kisah-kisah yang disampaikan dalam buku ini dapat mendidik para wanita, istri dan anak-anak wanita Muslimah agar dapat berakhlak dengan akhlak para istri Nabi yang salehah.

Sumber: www.republika.co.id

1 komentar: